• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Senin, 20 Mei 2013

Darah


Darah adalah cairan tubuh yang terdapat di dalam pembuluh darah. Darah terdiri dari plasma darah kurang lebih 55% dan sel-sel darah kurang lebih 45%. Umumnya volume darah manusia kurang lebih 8% dari berat badannya.

1.Plasma Darah
Plasma darah adalah cairan darah berwarna kekuning-kuningan yang terdiri atas 90% air, 8% protein yang terdiri dari protein-protein albumin, hormon,globulin,protombin, dan fibrinogen ; 0,9 % mineral yang terdiri dari NaCl, natrium karbonat,garam dari kalsium, fosforus, magnesium, dan besi ; serta 0,1 % berupa bahan-bahan organik yaitu glukosa, lemak, kolestrol, urea, asam amino, enzim, dan antigen.
Protein yang larut dalam darah di sebut protein darah.Protein darah yang penting antara lain : fibrinogen untuk proses pembekuan darah, albumin untuk menjaga tekanan osmosis darah, dan globulin untuk membentuk antibodi.
Jika plasma darah di ambil fibrinogennya, maka akan tersisa suatu cairan berwarna kuning yang di sebut serum. Di dalam serum terdapat zat antibodi yang dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
2.Sel Darah
Sel darah merupakan bagian padat pada darah. Sel darah terdiri dari sel darah merah (ertrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Sel darah merah berbentuk bulat pipih, bagian tengahnya cekung (bikonkaf) dan tidakb berinti.Warna merah karena mengandung hemoglobin.Sel darah merah hanya berumur 120 hari. Sel darah merah yang rusak di rombak di dalm hati.
Hemoglobin adalah senyawa protein yang mengandung zat besi. Hemoglobin mempunyai kemampuan untuk mengikat oksigen, membentuk oksihemoglobin.Sel darah putih mempunyai ciri-ciri antara lain : bentuk tidak tetap, tidak berwarna,berinti dan memiliki ukuran lebih besar dari sel darah merah. Fungsi utama sel darah putih adalah membunuh bibit penyakit.
Fungsi Darah , antara lain :
1. Sebagai alat pengangkut
a. Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jantung dan ke seluruh sel-sel tubuh.
b.Plasma darah mengangkut :
-Sari makanan dari usus ke hati kemudian ke seluruh tubuh
-Karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru
-Urea dari hati ke ginjal untuk di keluarkanh bersama urine
-Hormon dari kelenjar hormon ke seluruh tubuh
2.Alat pertahanan melawan infeksi
a.Fagosit melawan kuman
b.Limfosit menghasilkan antibodi untuk membunuh kuman.
3. Melakukan pembekuan darah. Dalam hal ini yang berperan adalah trombosit
4.Menjaga kestabilan suhu tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com