• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Selasa, 24 Mei 2016

Fungsi Statistik Ringan Microsoft Excel


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.(wikipedia.com)

Di dalam microsoft excel sendiri terdapat berbagai rumus-rumus statistik yang sering di gunakan dalam perhitungan. Semisal rumus SUM untuk perintah menjumlahkan, kemudian MAX untuk mencari maksimal, kemudian MIN untuk mencari nilai minimal, kemudian AVERAGE untuk mencari rata-rata, kemudian juga ada rumus COUNT untuk menghitung.

Pada kesempatan kali ini saya akan men-share sedikit tutorial tentang penggunaan sederhana rumus-rumus statistik tersebut.

Yang pertama yaitu rumus SUM. Fungsi SUM sendiri digunakan untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range. Fungsi rumus SUM sendiri sebagai berikut:
untuk implementasinya silahkan lihat Tabel berikut.
pada tebel di atas saya mengkalikan sel D6 dengan E6. Dengan fungsi =SUM(D6*E6). setelah itu kita tekan enter maka hasilnya akan seperti berikut.


Yang kedua yaitu fungsi MAX. Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu range. Fungsi rumus MAX sebagai berikut
untuk implementasinya silahkan lihat tabel berikut
Pada tabel di atas saya akan mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi MAX sebagai berikut
Pada tabel tersebut saya memasukkan rumus =MAX (E9:E14).Bila rumus tersebut kita tekan enter maka hasilnya sebagi berikut

Yang ketiga yaitu fungsi MIN. Fungsi MIN yaitu kebalikan dari fungsi MAX yaitu untuk mencari nilai terendah. Cara penggunaannya pun sama dengan rumus MAX. Bedanya cuma pada nama fungsinya. Bila kita terapkan rumus MIN pada tabel tersebut maka hasilnya akan seperti berikut


Yang keempat yaitu fungsi average. Fungsi AVERAGE sendiri digunakan untuk mencari nilai rata-ata pada suatu range. Penggunaan rumusnya pun sama dengan fungsi MAX dan MIN. bila kita terapkan rumus average pada tebel tersebut maka hasilnya sebagai berikut


Sedangkan yang kelima yaitu fungsi COUNT. Fungsi count sendiri di gunakan untuk menghitung jumlah sel yang ada. sebagai contoh lihat gambar berikut

Untuk yang keenam yaitu fungsi COUNTIF. Fungsi COUNTIF sendiri digunakan untuk menhitung jumlah sel pada suatu range dengan kriteria tertentu. Sebagai contoh lihat ilustrasi berikut

Untuk yang ketujuh yaitu fungsi SUMIF. Fungsi SUMIF sendiri digunakan menjumlah suatu data dengan kriteria tertentu.Sebagai contoh lihat gambar berikut





Semoga bermanfaat. Terima kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com