• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 12 Januari 2012

JATHILAN TURONGGO SETO GLUNTUNG

    Kuda Lumping adalah seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Tidak satupun catatan sejarah mampu menjelaskan asal mula tarian ini, hanya riwayat verbal yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

   Konon, tari Kuda Lumping merupakan bentuk apresiasi dan dukungan rakyat jelata terhadap pasukan berkuda Pangeran Diponegoro dalam menghadapi penjajah Belanda. Ada pula versi yang menyebutkan, bahwa tari Kuda Lumping menggambarkan kisah perjuangan Raden Patah, yang dibantu oleh Sunan Kalijaga, melawan penjajah Belanda. Versi lain menyebutkan bahwa, tarian ini mengisahkan tentang latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin Sultan Hamengku Buwono I, Raja Mataram, untuk menghadapi pasukan Belanda.

    Terlepas dari asal usul dan nilai historisnya, tari Kuda Lumping merefleksikan semangat heroisme dan aspek kemiliteran sebuah pasukan berkuda atau kavaleri. Hal ini terlihat dari gerakan-gerakan ritmis, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

                      Inilah salah satu seni Kuda Lumping (jathilan) yang ada di JOGJA
    Kesenian kuda lumping dikampung Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul,Jogjakarta dibentuk sebuah grup seni kuda lumping dengan nama TURONGGO SETO,yang terbentuk 8 Oktober 2012 .Seiring berjalanya waktu grup ini telah melakukan terobosan –terobosan baru untuk mengaransemen dan memadukannya dengan tarian yang baru supaya dpt menyajikan pertunjukan yang menarik dan tidak menjenuhkan buat penonton.


CP:085643980156
Facebook: GL-pRofit

2 komentar:

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com