• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Senin, 11 April 2016

Cara membuat titik otomatis daftar isi


Daftar isi merupakan suatu bagian dari karya tulis baik yang berifat ilmiah maupun non ilmiah yang berisi tentang penjelasan tata letak maupun urutan daftar-daftar bagian yang terdapat dalam sebuah karya tersebut. Atau dengan kata lain daftar isi berisikan tentang urutan isi dan tata letak bab pada suatu karya tulis.

Dalam penulisan daftar isi, biasanya yang masih pemula dalam penulisan titik-titik masih menggunakan tombol space yang di tekan secara terus menerus. Yang pastinya nantinya akan repot pada akhirnya, karena bila masih menggunakan cara tersebut pastilah hasilnya akan sedikit berantakan.

Kesempatan kali ini, saya akan mengeshare sebuah cara singkat untuk membuat daftar isi yang rapi. Langsung saja. Pertama anda harus terlebih dahulu membuka MS.Office Word. Setelah itu munculkan ruler di lembar kerja Anda. Kemudian Klik 2 X (double klik) pada bagian ruler dimana Anda harapkan titip-titik nanti akan berakhir. Sebagai contoh sebagai berikut:

Pada gambar di atas saya contohkan, saya akan mengakhiri titik-titik pada ukuran 14 cm, Nantinya setelah Anda klik 2 X (Double klik) akan muncul dialog window seperti diatas. Kemudian Atur dialog window tersebut dengan mengaturnya pada bagian alighment pilih Right, dan pada Leader klik opsi kedua yaitu titik-titik. Lebih jelasnya lihat screenshot dibawah ini:
Setelah itu Klik Set, dan kemudian OK, dan hilanglah dialog window tersebut. Kemudian tentukan tempat di mana letak nomor setelah titik tersebut. Yaitu dengan Klik 2X lagi pada ruler yg di inginkan. Sebagai contoh lihat pada gambar dibawah:

Pada gambar di atar, letak nomor saya tempatkan pada ukuran 14,75 cm. Kemudian atur bagian alighment dan leader sesuai pada gambar diatas kemudian Ok. Setelah itu Silahkan coba ketik di bawahnya suatu sub judul dan kemudian tekan TAB untuk membuat titik otomatisnya, dan utnuk membuat jarak penomorannya juga tekan TAB kembali. Sebagai contoh lihat gambar di bawah:
Mudah bukan, semoga bisa bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com