• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Senin, 11 April 2016

Tutorial Membuat Surat Resmi



Salah satu jenis surat yang sering digunakan atau sering kita temua adalah surat resmi atau surat dinas. Jenis surat ini biasanya digunakan dalam situasi formal/ resmi dan dibuat sesuai dengan aturan-aturan tertentu yang sudah ada. Surat ini biasanya digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi, maupun instansi baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta.

Pada kesempatam kali ini saya akan men-share tutorial membuat salah satu jenis surat resmi yang sering ditemui pada kalangan civitas akademika khususnya mahasiswa. Surat tersebut ada
lah surat bebas pustaka.

1. Pertama pastilah hal yang harus anda siapkan dan wajib punya adalah pc dan MS.Word. Pada kesempatan kali ini saya menggunkan Ms.Word 2010.
2. Mulailah dengan membuat Kop surat dengan menggunakan Header. Cara mencari header sangatlah mudah tinggal klik 2x (double klik) pada bagian atas lembar kerja anda sampa muncul tulisan header seperti berikut:
  

3. Setelah itu tulis pada bagian Kop dengan Identitas Instansi anda, sesuaikan dan rapikan antar ukuran font dan tata letak identitas instansi anda sampai seperti gambar berikut:
4.Setelah selesai pada bagian isi Kop, sekarang Anda keluar dari bagian header dengan cara klik sembarang area / klik icon Close Header and Footer. Setelah itu masuk pada bagian Isi Surat, Gunakanlah Font Times New Roman atau Calibri dengan ukuran 12, dan rapikan isi surat dengan mengkombinasikan unsur Tab, dan Alighment (tata letak). Untuk Contoh lihat gambar di bawah ini
5. Setelah anda selesai membuat Isi Surat jangan lupa untuk melampirkan Identitas Anda di bagian bawah kanan. Dalam hal ini anda dapat menggunakan fungsi tabel agar rapi, dan jangan lupa setelah itu border tabelnya di hilangkan agar saat di print menjadi rapi. Jika sudah selesai jangan lupa untuk di print preview terlebih dahulu. Maka Hasil Akhir dari surat tersebut akan seperti ini:

Masih tetap bingung, Lihat aja tutorial nya berikut ini:




Mau yang lebih gampang, download aja template file.nya DI SINI



dalam situasi formal/ resmi dan dibuat sesuai dengan aturan-aturan tertentu yang sudah ada. Digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi, maupun instansi baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Penggunaannya tidak digunakan semata-mata untuk kepentingan pribadi (individu), tetapi untuk kepentingan dari sebuah organisasi maupun instansi. Sumber: http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri/

0 komentar:

Poskan Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com