• Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 28 Maret 2013

Pengertian Majas Dan Macamnya


Majas adalah ungkapan kata yang mengandung makna yang khas dan menciptakan efek tertentu. Ada bermacam-macam jenis majas di antaranya majas perbandingan. Majas perbandingan ada beberapa jenis di antaranya sebagai berikut :
1. Asosiasi (Simile) yaitu perbandingan dengan menyamakan dua hal yang sebenarnya berbeda, dengan pemakaian kata seperti,bagai,ibarat,umpama,dan lain lain
2.Metafora yaitu perbandingan tanpa menggunakan kata pembanding layaknya majas asosiasi.Contoh :Raja siang baru keluar dari peraduannya. (raja siang = matahari)
3.Personifikasi yaitu perbandingan dengan mengumpamakan benda-benda mati seolah-olah dapat bekerja/berbuat seperti manusia. Contoh : Senyuman mentari menyapaku dengan indah
4.Alegori yaitu perbandingan yang utuh membentuk kesatuan. Contoh : Berhati hatilah mengemudikan bahtera kehidupan keluargamu, sebab lautan kehidupan ini penuh batu karang, topan, dan gelombang yang ganas.
5.Pleonasme yaitu majas yang menggunakan kata- kata mubazir. Contoh : Segala caci maki dan sumpah sarapah itu di dengarnya dengan telinga sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Gluntung,Patuk,Patuk,Gunungkidul, Yogyakarta.

Phone number

+(62) 87 738 003 167

Blog

sugengmirsani.blogspot.com